Arti Logo MTQ XXXVIII Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Solok:

Kubah Masjid bermakna bahwa Kota Solok akan selalu mengumandangkan syi’ar Islam ke semua pelosok Negeri khususnya di Kota solok, terutama syi’ar Musabaqah Tilawatil Qur’an

Lukisan Marawa Merah Kuning Hitam berarti melambangkan keseimbangan dari elemen penting warga kota yaitu Tigo Tungku Sajarangan yang meliputi Pemerintah, Ulama dan Tokoh Adat yang saling bahu membahu dalam mewujudkan Kota Solok selaku Kota Beras Serambi Madinah.

Padi melambangkan bahwa perhelatan MTQ Nasional ke-38 Tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2019 di Kota Solok akan berimbas positif kepada peningkatan perekonomian warga kota.

Tangan Merangkul memiliki makna bahwa peran pemerintah Kota yang berupaya mengajak dan merangkul seluruh komponen masyarakat untuk mensukseskan MTQ Nasional ke-38 Tingkat Propinsi Sumatera Barat sekaligus mewujudkan Kota Solok selaku Kota Beras Serambi Madinah.

Tulisan MTQ di atas Reha bermakna bahwa kegiatan utama dalam even 2 tahunan ini adalah kompetisi di bidang Al-Qur’an yang menjunjung